Perjalanan Gn. Semeru Bromo

Perjalanan Jakarta - Malang - Pendakian Gn. Semeru - Wisata Gn. Bromo - Air Terjun Sukapura - Air Terjun Madakaripura - Probolinggo - Surabaya - Jakarta (18 Mei - 23 Mei 2012)
 

Berawal dari Stasiun Senen ke Stasiun Malang, saya pun langsung ke Terminal Arjosari dan dilanjutkan ke Terminal Tumpang dengan mudah dilalui, tetapi cara lain menuju Ranu Pani atau kaki Gn. Semeru hanya bisa menggunakan jeep. Sebelum menuju Ranu Pani, saya pun diantar oleh Jeep tersebut ke Pos pemeriksaan untuk membayar administrasi Gn. Semeru/Gn. Bromo, asuransi diri dan asuransi Jeep.

Jalan ke Ranu Pani pun dibaluti dengan pemandangan pegunungan, jurang dan hutan yang indah walaupun jalannya benar-benar sangat extrim. Trek ini hanya satu Jalur, yang ingin menuju ke Gn. Bromo pun di jalur ini, tetapi nanti berpisah di pertigaan Jemplang.


Sesampai di Ranu Pani pun saya bermalam dengan beberapa kawan yang akan melakukan pendakian ke Gn. Semeru.


Rute pendakian Gn. Semeru :
  • Ranu Pani - Watu Rejeng.
  • Watu Rejeng - Ranu kumbolo.
  • Ranu Kumbolo - Oro oro Ombo.
  • Oro - oro Ombo - Cemoro Kandang.
  • Cemoro Kandang - Kalimati.
  • Kalimati - Arcopodo.
  • Arcopodo - Puncak Semeru.



Keesokan harinya untuk menuju Gn. Bromo dari Ranu Pani, saya menuju pertigaan Jemplang untuk melanjutkan perjalanan ke Gn. Bromo. Di Jemplang ini terdapat tempat bermukim ojek-ojek, tempat istirahat para wisata dan ada pula menara untuk melihat kawasan sekitar.

Dari Jemplang saya menuju ke Gn. Bromo, perjalanan pun ditempuh sekitar 2-3 jam dengan berjalan kaki. Pertama saya melewati keindahan Bukit Teletubbies, turun dengan berjalan kaki benar-benar membuat saya terkagum, karena keindahan semua ini awalnya hanya saya bisa lihat dari atas Jeep dan dari ketinggian di atas gunung ketika menuju ke Gn. Semeru.

photo 01 photo 02 photo 03

Dilanjutkan dengan berjalan di PASIR BERBISIK, bagaikan berada di gurun pasir yang tak berujung.
photo 01 photo 02 photo 03
Sampai di tempat peristirahatan di daerah Gn. Bromo dan mengabadikan pemandangan indah yang lainnya.

photo 01 photo 02 photo 03

Keesokan harinya pun saya turun ke Air Terjun Sukapura dan Air Terjun Madakaripura dilanjutkan ke Surabaya untuk bermalam dan pulang ke Jakarta deh.


Info:
Bila HANYA INGIN berwisata ke Gn. Bromo saja, saya sarankan anda dari Malang atau Surabaya menuju ke Probolonggo dengan Bus, biaya sekitar Rp. 15.000,- sampai Rp. 20.000,-. Dari Probolinggo ada angkutan umum ELP untuk ke Bromo Rp. 25.000/orang walaupun hanya sampai sore (tidak 24 jam). Bermalam di bromo MIN Rp. 80.000/kamar untuk 2 orang.
Bila ingin berwisata pilihlah paket ojek (bila sendiri) atau Jeep (min 6 orang), carilah paket yang dapat semua wisata. Yaitu antara lain Puncak Pananjakan 1 atau Pananjakan 2, Pure, Savana, Kawah Bromo, Bukit Teletubbies, Pasir Berbisik, Air Terjun Sukapura, Air Terjun Madakaripura, dll. Semua itu dapat di jalankan 2 hari ataupun 1 hari sekaligus tergantung kalian mau bermalam berapa hari.

Bila HANYA INGIN melakukan Penanjakan ke Gn. Semeru saja, saya sarankan anda dari Malang ke terminal Arjosari Rp. 5000,- lalu ke terminal Tumpang Rp. 5000,-. Nah dari terminal Tumpang naik Jeep ke Ranu Pani. Jeep itu berkumpul di depan Alfamart, bila tidak ketemu, tanya saja ke orang sekitar atau Hub WITO 0813 320 55 351(Supir Jeep).
Dan bila belum melengkapi surat-surat anda dapat melakukan di Tumpang ini, karna bila sudah di Ranu Pani tidak ada. Surat Ket Sehat disana ada Puskesmas, FC KTP dan Materai ada di sekitar situ.
Bila sendiri tunggu saja sampai Jeep menjemput pendaki untuk ke Ranu Pani, karna pasti ada penjemputan Jeep ke Gn. Semeru. Saya kemarin pun begitu hanya bayar Rp. 50.000,-/orang dan di Jeep hanya berdua. Bila ingin sewa Jeep sekitar Rp. 250.000 sampai Rp. 350.000,-/Jeep atau 35.000,-/orang(bila orang banyak dan 1 Jeep sekitar 15 orang)

0 komentar:

Posting Komentar

__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
| Beranda | Tentang Saya | Tukar Link | Download Gratis | Map Site | Gallery | My Contact |
© 2008-2011 [sektorplong.blogspot.com]
Seluruh artikel ini dapat anda perbanyak, cetak, modifikasi dan distribusikan secara bebas, asal tetap mencantumkan URL lengkap artikel.