Perjalanan Yogyakarta Pangandaran

Perjalanan Depok Jakarta - Jogja - Pantai Parang Tritis - Gn. Merapi - Pantai Pangandaran - Cagar Alam Pananjung Pangandaran - Wisata Cukang Taneuh/Green Canyon - Depok (7 September 2011 sampai 12 September 2011)
Kali ini saya akan menuju ke Jogja. Seperti biasa saya pun hanya menggunakan kereta ekonomi menuju kesana, hehe.. ngirit-ngirit.. Berawal dari stasiun senen menuju ke stasiun Lempuyangan.
Setelah istirahat beberapa jam, sore harinya saya pun menuju ke Parang teritis, untuk menikmati pemandangan pantai.
photo 01 photo 02 photo 03
Dihari berikutnya, saya pun berangkat menuju daerah-daerah sekitar letusan Gn, Merapi dengan mempersiapakan persediaan dan peralatan tempur untuk mengabadikan lokasi serta mengingat medan yang cukup extrim saya pun pergi  dengan menggunakan roda dua.

Dari Gn. Merapi, saya pun beristirahat di sebuah Candi Plaosan Kidul dan Candi Plaosan Lortak yang letaknya tak jauh dari Candi Prambanan.
photo 01 photo 02
Sorenya saya siap menuju Pangandaran, tapi niat untuk naik kereta pun kandas karena jawaban penjaga loket tiket ternyata "tiket telah habis terjual". Hilang sudah angan-angan saya untuk melihat pemandangan dengan menggunakan kereta.
Tanpa mengulur-ulur waktu, saya pun langsung menuju terminal dan berangkat menggunakan Bus jurusan Bandung yang penuh sesak karena ternyata masih ada arus balik lebaran serta saya pun harus berdiri hingga terminal Purwokerto. Huhf,. merupakan perjalanan yang cukup melelahkan. Sesampai di pertigaan Banjar saya pun turun, salat subuh dan langsung menyambung menggunakan bus ke pengandaran.
Kali ini saya menikmati perjalanan dari Ciamis menuju daerah-daerah yang indah dan curam untuk sampai di terminal pangandaran. Beberapa teman pun sudah menunggu saya untuk berpetualang di daerah Pangandaran ini.
Berawal dari Pantai Pangandaran, Cagar Alam Pananjung Pangandaran dan Wisata Cukang Taneuh/Green Canyon lalu pulang deh.
photo 01 photo 02 photo 03

Info :
Bila ingin ke daerah sekitar letusan Gn. Merapi siapkan kacamata, masker, sepatu atau perlengkapan diri untuk menghadapi abu-abu atau pasir sisa-sisa letusan Gn. Merapi.
Di Cagar Alam Pananjung Pangandaran, banyak sekali monyet-monyet. Jadi, jangan kaget dan tetap berhati-hati. Jangan mengusik, bila berjalan diantara monyet-monyet itu santai dan anggaplah tak ada monyetnya.. hehe.. Oiya, pas didalam ada beberapa tempat yang unik, bila anda ingin kesemua tempat, lebih baik sewa pemandu (agar tau tempat-tempat sekitarnya dan gratis bila ke setiap tempat itu). Bila tidak sewa pemadu, anda diharuskan membayar, walaupun seikhlasnya per setiap tempat-tempat.
Di Wisata Cukang Taneuh/Green Canyon belilah tiket satu paket dengan trek hingga air terjun di dalamnya (mungkin sedikit mahal) atau bila tidak ada, pas naik perahu siaplah menawar biaya agar sampai ke air terjun dan ditunggu oleh perahu.