Masa kanak-kanak ahli hadist

๐Ÿ“šMasa kanak-kanak ahli hadist๐Ÿ“š

• Faidah pelajaran-Daarul Hadist Ma'rib-Yaman

๐Ÿ“Œ Suatu hari di sisi Masjid berdiri sosok seorang anak kecil, tiba-tiba datang seorang musafir menunggang unta berhenti dalam rangka melaksanakan shalat. Ketika sang musafair hendak masuk ke dalam masjid, ia meminta tolong kepada anak kecil yang berdiri di sisi masjid agar menjaga untanya.

Anak kecil tersebut mau menjaga unta dengan syarat sang pemilik unta mau meriwatkan hadist kepadanya, awalnya sang pemilik unta enggan meriwayatkan karena dilihat ia masih anak-anak. Namun anak kecil tersebut memaksa agar meriwayatkan hadist kepadanya baru mau menjaga unta miliknya. Pada akhirnya sang pemilik unta meriwayatkan sekitar tiga hadist kepada anak kecil tersebut. Berjalannya waktu anak kecil itu tumbuh besar hingga menjadi sosok 'ulama dan Ahli hadist di zamannya, anak kecil penjaga unta tersebut adalah Sufyan bin 'Uyainah ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡.

๐Ÿ“Œ Adalah Ibnu Khuzaimah ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ saat masih kanak-kanak menangis sambil membujuk ayahnya. Ia menangis karena meminta kepada sang ayah agar diizinkan safar menjumpai 'ulama hadist bernama Qutaibah ibnu Sa'id, namun sang ayah tidak mengizinkan. Sang ayah tidak tega melepas anak yang masih kecil ke tempat yang sangat jauh. Sang ayah pun memerintahkan Ibnu Khuzaimah agar menyelesaikan Al-qur'annya terlebih dahulu, setelah itu diizinkan Safar bertemu sang Muhaddist Qutaybah Ibnu Sa'id ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡.

[ Dinukil dari pelajaran Sunan Abi Daawud, Syaikhuna Naayif Abu Thayyib ุญูุธู‡ ุงู„ู„ู‡. ]

Betapa indah jika dari anak-anak kita, memiliki semangat sebagaimana semangatnya para ulama hadist dalam mencari ilmu. Tentu semangat itu tumbuh sebab didikian orang tua, yang menanamkan kecintaan terhadap ilmu kepada anak-anaknya sejak  kecil.

Berdo'alah, semoga Allah menjadikan anak-anak kita memiliki cinta kepada ilmu sebagaimana kecintaan Sufyan Ibnu 'Uyainah dan Ibnu Khuzaimah.

Semoga bermanfaat..
__________________
Daarul Hadist-Yaman

9 Feb 2019

✒ Iqbal Al-Indunisi

0 komentar:

Posting Komentar

__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
| Beranda | Tentang Saya | Tukar Link | Download Gratis | Map Site | Gallery | My Contact |
© 2008-2011 [sektorplong.blogspot.com]
Seluruh artikel ini dapat anda perbanyak, cetak, modifikasi dan distribusikan secara bebas, asal tetap mencantumkan URL lengkap artikel.