ROBOTIK

BAB I
PENDAHULUAN

Kebutuhan teknologi saat ini sudah tak terelakan lagi, penggunaan alat elektronika sudah menjadi sebuah kebutuhan primer dikalangan industri, informasi serta masyarakat. Seiring dengan beralihnya gaya hidup masyarakat menggunakan alat elekonika serta perkembangan yang amat pesat membuat tingkat kecelakaan penggunaan alat tersebut berbanding lurus dengan pemakaiannya.
Robot kini memiliki alat pengesan termaju yang memproses maklumat lalu bertindak seolah-olah mereka memiliki akal seperti manusia. Akal robot terbentuk daripada artificial intteligent yang dikawal dengan computer. A.I membolehkan robot mengaplikasi keadaan dan membuat keputusan jenis aksi mereka berdasarkan situasi.
Bagaimanapun, dengan arus kemodenan dan kemajuan teknologi terkini,robot bukan sahaja digunakan secara meluas dalam sector perindustrian,perkilangan,mengendalikan kerja berat atau bidang ketenteraan.Malah kini sudah ada usaha untuk melahirkan robot yang mempunyai perasaan tidak ubah seperti manusia.
Bagi masyarakat di Barat dan Jepang yang mana kedua-duanya menjadi negara paling maju dalam industri robotik,penggunaan robot bukan sekadar membantu meringankan beban kerja tetapi juga untuk dijadikan teman bermain.
Malah lebih menakjubkan robot kini bukan sekadar rangka besi,sebaliknya sudah ada yang benar-benar menyerupai seiras dengan manusia.
Kemajuan teknologi robotik semakin ketara,termasuk membabitkan robot haiwan.Kini robot dicipta bagi membolehkan ia menguasai tindakan sendiri tanpa memerlukan arahan atau kawalan.Ia penting bagi membolehkan robot melakukan kerja fizikal yang memerlukan kawalan aktif dan memberi maklum balas pada keadaan tertentu.

BAB II
ROBOT

A. PENGERTIAN DAN SEJARAH ROBOT
Istilah robot berasal dari bahasa Cekoslowakia.Kata robot berasal dari kosakata “Robota” yang berarti “kerja cepat”. Istilah ini muncul pada tahun 1920 oleh seorang pengarang sandiwara bernama Karel Capec. Karyanya pada saat itu berjudul “Rossum’s Universal Robots” yang artinya Robot Dunia milik Rossum. Rossum merancang dan membangun suatu bala tentara yang terdiri dari robot industri yang akhirnya menjadi terlalu cerdik dan akhirnya menguasai manusia.
Sedangkan Robotik adalah ilmu yang mematerikan kecerdasan atau itelegensia terhadap energi, artinya pengendalian secara cerdas terhadap gerakan yang terkoordinasi secara nyata.
Kata Robotics juga berasal dari novel fiksi sains “Runaround” yang ditulis oleh Isaac Asimov pada tahun 1942. Sedangkan pengertian robot secara tepat adalah system atau alat yang dapat berperilaku atau meniru perilaku manusia dengan tujuan untuk menggantikan dan mempermudah kerja/aktifitas manusia.
Untuk dapat diklasifikasikan sebagai robot, mesin harus memiliki dua macam kemampuan yaitu:
Bisa mendapatkan informasi dari sekelilingnya.
Bisa melakukan sesuatu secara fisik seperti bergerak atau memanipulasi objek.

Untuk dapat dikatakan sebagai robot sebuah system tidak perlu untuk meniru semua tingkah laku manusia, namun suatu sistem tersebut dapat mengadopsi satu atau dua saja sistem yang ada pada diri manusia saja sudah dapat dikatakan sebagai robot. Sistem yang diadopsi berupa sistem penglihatan (mata), sistem pendengaran (telinga) ataupun sistem gerak.
Sebuah robot dapat saja dibuat untuk berbagai macam aktifitas, namun sebuah robot harus dibuat dengan tujuan untuk kebaikan manusia. Di dalam fiksyen sains, Tiga Hukum Robotik merujuk kepada satu set tiga hukum yang diguna pakai pada hampir semua robot ciptaan manusia. Terma ini mula digunakan dalam cerpen Runaround karya Isaac Asimov pada tahun 1942. Tiga hukum tersebut adalah seperti berikut :
Robot tidak boleh mencederakan manusia, ataupun secara berdiam diri membiarkan manusia dicederakan. (A robot may not injure a human being or, through inaction, allow a human being to come to harm)
Robot mesti mematuhi segala perintah manusia selagi tidak bercanggah dengan Hukum Pertama. (A robot must obey orders given to it by human beings except where such orders would conflict with the First Law)
Robot mestilah melindungi kewujudannya selagi mana perlindungan tersebut tidah bercanggah dengan Hukum Pertama dan Hukum Kedua. (A robot must protect its own existence as long as such protection does not conflict with the First or Second Law.)
Kemudian, Asimov menambah Hukum Sifar: Robot tidak boleh mengancam kemanusiaan, ataupun secara berdiam diri membiarkan kemanusiaan diancam. (A robot may not harm humanity, or, by inaction, allow humanity to come to harm)
Lama kemudian, dua lagi hukum ditambah iaitu Hukum Keempat dan Hukum Kelima. Hukum Keempat, yang diperkenalkan pada tahun 1974 menyatakan: Robot mestilah mewujudkan identitinya sebagai robot sepanjang masa. (A robot must establish its identity as a robot in all cases)
Hukum Kelima pula menyatakan: Robot mestilah sedar dia adalah robot. (A robot must know it is a robot.

Orang – orang yang berhubungan dengan adanya ROBOT, antara lain :
KAREL CAPEK (1890 - 1938)
Lahir di Svatanovice, Bohemia.
Anak seorang Dokter.
Mempelajari filosofi di Paris, Berlin dan Praha.
Pernah bekerja sebagai wartawan yang menentang Nazi dan menyerukan demokrasi di Czechoslovakia.
Sebagai penulis, menghasilkan drama R.U.R dan novel fantasi antara lain : War With The Newts.

ISAAC ASIMOV(1920 – 1992)
Lahir di Petrovichi, Rusia.
Pindah ke AS sejak 3 tahun (1923).
Mendapat gelar Phd (S3) bidang kimia dati Columbia University.
Sebagai penulis Fiksi ilmiah menghasilkan 500 judul buku antara lain : Foundation, Foundation and Empire, Second Foundation, The Caves of Steel, The Naked Sun, Bucentennial Man, dan cerita pendek I, Robot.
Menambahkan istilah “Robotics” dalam kamus bahasa Inggris yang diperkenalkannya dalam cerita pendek berjudul Runaround (1942).
Menjadi Konsultan untuk film Star Trek : The Motion Picture (1972).




B. KEGUNAAN ROBOT
Sesuai dengan definisi robot di atas, maka terdapat banyak kegunaan dari robot. Secara umum kegunaan robot adalah untuk menggantikan kerja manusia yang membutuhkan ketelitian yang tinggi atau mempunyai resiko yang sangat besar atau bahakn mengancam keselamatan manusia.
Sebagai contoh, seseorang yang bekerja di bagian welding di sebuah industri assembling kendaraan, akan mempunyai resiko kecelakaan kerja yang cukup tinggi. Maka untuk mengurangi rtesiko kerja tersebut perlu digunakan robot yang menggantikan kerja manusia di bidang tersebut, sehingga resiko kecelakaan kerja dapat dikurangi bahkan dihilangkan.
Ada juga sebagian robot yang sengaja diciptakan untuk menemani manusia di dalam aktifitasnya. Robot-robot ini dapat disebut robot bermain. Robot ini diciptakn untuk membantu manusia yang mengalami kesepian diri sehingga dapat mempunyai teman.
Adapun secara garis besar robot dapat diklasifikasikan dalam beberapa jenis, yaitu antara lain :
1. Humanoid
Robot yang memiliki fizikal asas manusia yaitu kepala,sepasang kaki dan tangan.Contoh robot Asimo ciptaan Honda.
2. Android
Robot yang memiliki sifat dan persamaan serta cukup anggota dan menyerupai lelaki tetapi tidak kelihatan hidup
3. Cyborg
Robot yang tidak menyerupai manusia, sebaliknya mempunyai ciri fizikal dan memiliki fungsi manusia.
4. Gynoid
Berasal dari perkataan ‘Gyne’ (Greek) bermaksud wanita.robot yang memiliki sifat dan persamaan serta cukup anggota dan menyerupai wanita.
5. A.I (ARTIFICIAL INTELLIGENT)
Robot yang mempunyai perasaan seperti manusia atau haiwan.
6. Disabled Robotik
Robot yang dicipta untuk membantu pergerakan orang kurang upaya (OKU).Ia lebih kepada bentuk penggunaan mesin beroda terkenal diJepun.
7. Domotics
Perisian computer yang mengawal robot.Kebiasaannya digunakan dalam sector perindustrian.

C. TIPE ROBOT
Adapun secara garis besar robot dapat diklasifikasikan dalam beberapa tipe, yaitu antara lain :
1. Robot Industri.
Bentuk sudah fix dan membutuhkan tempat yang tetap.

2. Robot Autonomous atau Personal.
Bentuknya lebih fleksibel dan tidak membutuhkan tempat yang tetap mandiri.


KLASIFIKASI ROBOT PERSONAL

D. REVOLUSI ROBOT
Revolusi robot antara lain :
Awal mula robot
Dahulu
Robot sesuai untuk kerja yang berulang, tidak atau kurang kemahiran, membosankan dan kerja yang membebankan.
Selepas WWII
Muncul mesin – mesin automatik menggunakan teknologi NC (Numerical Controlled)
Manipulator dengan beberapa DOF dihasilkan
Gabungan NC dan manipulator menghasilkan robot yang simple
Kawalan berevolusi dari kertas tebukàpita magnetika peranti memoria PC

Akhir 50an dan awal 60an
UNIMATES (UNIversal autoMATION) dibangunkan oleh George Devol dan Joseph Engelberger
George Devol, memegang patent pertama bagi parts transfer machine
Joseph Engelberger, membina syarikat robot pertama (Unimation)
Menjual robot pertama pada tahun 1961
Digelar BAPA ROBOTIK

Awal 80an
Industri automotif membuat pelaburan yang besar dalam kajian robot

Awal 90an
Berkembang pesat kerana faktor2 :
Kemajuan AI
Hard automation à flexible automation
Masalah keselamatan dalam industri nuklear
Ambil alih kerja – kerja manusia ditempat yang kerja yang membahayakan, sukar dan kotar

Sekarang
Kepintaran pada robot yang membenarkan ia “berfikiran bijak (think smart)” dan membuat keputusan. Ianya dikatakan sebagai berautonomi dan robot pintar.Analogi robot adalah terhad.
Robot yang tidak menyerupai dan tidak berperilaku seperti manusia tetapi dia adalah mesin satu lengan yang selalunya beroperasi dari satu lokasi tetap dalam kilang.
Robot era modern kini lebih banyak dikembangkan untuk riset daripada penyerupaan manusia. Sehingga memiliki kecerdasan sendiri nahkan ada rencana untuk membuat robot yang bisa ditandingkan dengan kecerdasan menyerupai manusia.

Masa akan datang
Kemungkinan terdapat lebih banyak atribut yang menyerupai manusia seperti kebolehan deria yang tinggi, lebih pintar, kecekapan manual pada aras yang tinggi dan darjah pergerakkan yang terhad. Kemajuan dan perkembangan teknologi robot ke arah memperlengkapakan mesin dengan pelbagai kebolehan yang sama dengan manusia.


KEWUJUDAN ROBOT SECARA REALITI
Perindustrian yang pertama dikatakan menggunakan unsur robot/robotik ialah Unimates yang diasaskan oleh George Devol dan Joe Engelberger lewat tahun-tahun 50-an dan awal tahun-tahun 60-an. Paten-paten yang pertama digunakan oleh Devol untuk mesin pemindahan perkakasan. Engelberger kemudiannya mengasaskan Unimation dan menjadi perintis pemasaran robot. Hasilnya, Engelberger telah digelak 'bapa robotik'.
Industri persenjataan moden masakini juga bertambah dari segi keupayaan dan prestasi menerusi sistem-sistem kawalan dan pembangunan bahasa, mekanisma yang lebih berkualiti, sensor dan pemanduan. Pada tahun-tahun 80-an, industri robot berkembang pesat hasil sokongan padu daripada industri automotif. Walaubagaimanapun, kedudukan ekonomi menjadi terancam kerana perkembangan terlalu cepat dan industri robot dikatakan baru sahaja pulih baru-baru ini. Hasil kemelesetan telah menyebabkan hanya sebuah organisasi sahaja di US iaitu Adept, yang masih bertahan dalam industri robot/robotik. Yang lainnya telah terjual kepada syarikat-syarikat Eropah dan Jepun.
Dari segi automasi pula, dikatakan dirintis oleh Grey Walter (1940-an) dan John Hopkins. Perkakasan yang menggunakan kawalan jauh atau radio pula dikatakan dibangunkan oleh Nikola Tesla pada 1890-an, seorang perekacipta motor induksi, transmisi kuasa AC dan lain-lain perkakasan elektrik. Tesla juga banyak berwawasan dengan meramalkan akan wujudnya satu mekanisma pintar yang dapat menyamai manusia (kini digelar 'android') - Lihat watak "Data" dalam cereka sains "Star Trek-The Next Generation"
SRI Shakey pula memulakan ciptaan robotik untuk kegunaan dalaman pada lewat 60-an manakala Moravec Stanford Cart pula untuk kegunaan luaran pada lewat 70-an. Bermula dari sinilah, industri ini menjadi lebih berkembang sehingga ke peringkat penggunaan proba (kini mempunyai kamera) untuk lebuhraya dan cerun-cerun bagi membuat kajian-kajian teknikal.
Dengan adanya pula kemajuan teknologi seperti digital dan telekomunikasi serta komputer, robot/robotik dapat berkembang lebih maju lagi sehingga ke peringkat satelit dan satelit/kapal angkasa yang membawa proba bagi tujuan penjajahan planet-planet lain.

ROBOT PENERAJU MASA DEPAN
Pada zaman serba moden ini,kudrat manusia semakin kurang digunakan kerana banyak skop pekerjaan diganti dengan robot yang dicipta manusia,khususnya untuk kegunaan sektor perindustrian dan membantu kerja berat terutamanya dalam industry perkilangan.
Perkembangan dunia robotic bermula dengan terhasilnya sebuah robot industri yang dinamakan Unimates pada era 60-an oleh mereka barat,George Devol dan Joe Engelberger.Unimates diaplikasi bagi membentu kerja pemindahan perkakasan terutama dalam sektor industri.
Dengan berasaskan teknologi Unimates,dunia robotik bidang perindustrian semakin berkembang apabila Joe Engelberger berjaya menghasilkan Unimation sekali gus dinobatkan sebagai bapa robotic berikutan kejayaannya sebagai perintis pemasaran robot. Bagaimanapun,dengan arus kemodenan dan kemajuan teknologi terkini,robot bukan sahaja digunakan secara meluas dalam sector perindustrian,perkilangan,mengendalikan kerja berat atau bidang ketenteraan.Malah kini sudah ada usaha untuk melahirkan robot yang mempunyai perasaan tidak ubah seperti manusia.
Bagi masyarakat di Barat dan Jepun yang mana kedua-duanya menjadi negara paling maju dalam industri robotik,penggunaan robot bukan sekadar membantu meringankan beban kerja tetapi juga untuk dijadikan teman bermain.
Malah lebih menakjubkan robot kini bukan sekadar rangka besi,sebaliknya sudah ada yang benar-benar menyerupai seiras dengan manusia.
Kemajuan teknologi robotik semakin ketara,termasuk membabitkan robot haiwan.Kini robot dicipta bagi membolehkan ia menguasai tindakan sendiri tanpa memerlukan arahan atau kawalan.Ia penting bagi membolehkan robot melakukan kerja fizikal yang memerlukan kawalan aktif dan memberi maklum balas pada keadaan tertentu.
Tidak keterlaluan dikatakan, teknologi robotik boleh dinobatkan sebagai antara ciptaan manusia paling agung apatah lagi ia membabitkan penciptaan manusia klon.
Dengan kecanggihan teknologi robotik,mungkin satu hari nanti tenaga manusia tidak lagi digunakan sama ada dalam bidang perindustrian mahupun ketenteraankerana semuanya diambil alih robot.
Teknologi robotic kini turut digunakan pakai dalam bidang perubatan.
Malaysia mencatat sejarah perubatan negara apabila Hospital Kuala Lumpur (HKL)
Menjadi hospital pertama didunia yang menggunakan robot untuk melakukan pembedahan mikro atau insisi lubang kunci berukuran 8- 12mm bagi membuangsel kanser.
HKL juga mengharumkan nama Malaysia selepas muncul hospital pertama didunia menjalankan pembedahan pembuangan batu karang dari buah pinggang menggunakan robot menerusi kaedah pembedahan Robotik Sistem da Vinci membabitkan 3 komponen utama iaitu robot yang mempunyai 3 tangan,komputer berskrin tiga dimensi dan penganalisis imej.
Ujian terkini dalam teknologi robotik ialah keatas robot bersayap yang mengeksploitasi teknologi biomimicry. Walaupunia masih pada peringkat awal, teknologi seperti nanomotor dan wayar pintar dijangka dapat meningkatkan lagi kecekapan industri penerbangan dan aeroangkasa.
Sedangkan dinegara ini robotik ditubuhkan pada tahun 1994 bertujuan untuk mengembangkan kreativiti pelajar di negara ini untuk menciptakan robot yang bermutu tinggi serta pintar. Untuk membina robot yang pintar,seseorang pereka itu perlu mempunyai pengetahuan dalam berbagai bidang teknologi termasuk sektor pembuatan dan rekaan.
Tanpa menguasai bidang-bidang berkenaan,hasil rekaannya tidak akan menjadi robot yang pintar.Oleh sebab itu makmal robotik di UTM ditubuhkan bagi memastikan usaha kerajaan untuk mengetengahkan pelajar tempatan untuk mencipta belbagai jenis robot berjaya.
Projek yang dijalankan haruslah mengandungi ciri teknologi tinggi terkini yang dikawal oleh sebuah komputer pemproses mikro,pemgawal mikro atau sebuah pengawal logik boleh aturcara.Pada tahap ini mekanisme perlu berfungsi dengan baik dan digerakkan oleh litar elektronik yang direka bentuk khas dengan pengguna penderita.

PERKEMBANGAN ROBOT DI INDONESIA 2004
"Peluang dan Tantangan Teknologi Robot di Indonesia"
Saat ini, secara sadar atau tidak, robot memang telah hadir di dalam kehidupan manusia dalam bentuk yang bermacam-macam. Terdapat bentuk desain robot yang sederhana untuk mengerjakan kegiatan yang mudah atau berulang-ulang. Ada pula robot yang dirancang untuk "berperilaku" sangat kompleks dan sampai batas tertentu dapat mengontrol dirinya sendiri. Di kalangan umum pengertian robot selalu dikaitkan dengan "makhluk hidup" berbentuk orang maupun binatang yang terbuat dari logam dan bertenaga listrik. Sementara itu dalam arti luas robot berarti alat yang dalam batas-batas tertentu dapat bekerja sendiri (otomatis) sesuai dengan perintah yang sudah diberikan oleh perancangnya. Dengan pengertian ini sangat erat hubungan antara robot dan otomatisasi sehingga dapat dipahami bahwa hampir setiap aktivitas kehidupan modern makin tergantung pada robot dan otomatisasi.
Kontes Robot Indonesia telah diselenggarakan sejak tahun 1990 oleh Depdiknas. Bahkan salah satu wakil Indonesia pada tahun 2001 yaitu tim B-Cak dari PENS-ITS telah memenangkan Juara Pertama pada Asia Pasific Broadcasting (ABU) Robocon yang diselenggarakan di Tokyo. Pada tahun 2004 ini Kontes Robot Indonesia akan mengirim pemenangnya untuk mewakili Indonesia di dalam kontes internasional di Seoul - Korea Selatan pada bulan September 2004.
Mencermati pengembangan Sumber Daya Manusia Indonesia untuk dapat menguasai teknologi robot, maka Sejak tahun 80an kebijakan nasional pengembangan ristek telah mendukung litbang permesinan otomatis. Hal ini dapat dilihat dari dikembangkannya laboratorium-laboratorium seperti : MEPPO (Mesin perkakas Teknik Produksi dan Otomasi) yang merupakan kerjasama antara BPPT dengan ITB dan industri strategis, serta LET (Laboratorium Elektronika Terapan) di LIPI. Sejak itu, berbagai permesinan otomatis / robot telah berhasil dikembangkan, diproduksi dan dikomersialisasikan di berbagai industri, baik industri strategis maupun yang lainnya. Dalam pengembangannya terkini telah dapat dikembangkan pula produk robot yang mampu mengontrol seluruh system operasi suatu pabrik.
Sejak tahun 80an pengembangan dan peggunaan permesinan otomatis telah dilakukan terutama melalui kelompok industri strategis, seperti : PT PINDAD (system, peralatan, dll.), PT LEN Industri (IT, perangkat lunak, komputasi), PT Bharata dan PT BBI (pengecoran presisi untuk membuat bagian-bagian mesin), dll. Selain itu, PT DI dan PT PAL sebagai pengguna permesinan otomatis, telah memiliki knowledge yang tinggi dalam mengoperasikan robot untuk teknik pesawat terbang dan teknik perkapalan.
Dimulai pada tahun 2001, Kementerian Ristek bekerjasama dengan Depdiknas telah mempromosikan pemenang Kontes Robot Indonesia dalam pameran Ristek tahunan yaitu RITECH EXPO (Research, Inovation, Technology Expo) di Balai Sidang Jakarta. Pameran tersebut berhasil menarik minat masyarakat untuk menyaksikannya.
Dalam rangka Kontes Robot Indonesia 2004, Kementerian Ristek bekerjasama dengan Departemen Pendidikan Nasional - Fakultas Teknik Universitas Indonesia menyelenggarakan semiloka (seminar dan lokakarya) Perkembangan Robot di Indonesia 2004 dengan thema "Peluang dan Tantangan Teknologi Robot di Indonesia". Semiloka ini diadakan dengan maksud untuk mempertemukan para pihak yang berkepentingan akan pengembangan teknologi robot, a.l. : peminat bidang robot, peserta kontes, dosen, praktisi dari industri dan pemerintah yang berwenang dalam pembuatan kebijakan publik yang berkenaan dengan aplikasi robot. Tujuan dari semiloka ini adalah agar para stakeholder tersebut dapat bertukar informasi terbaru dan aware terhadap isue teknologi robot yang berkembang saat ini. Sasaran yang ingin di capai dengan semiloka ini adalah terdifusinya teknologi robot ke kalangan masyarakat yang lebih luas.
Pihak mahasiswa diharapkan dapat memperoleh informasi tentang kebijakan pemerintah dan kebutuhan industri dalam hal penggunaan robot. Di samping itu, peserta Kontes Robot Indonesia juga dapat memperoleh informasi dari pihak penyelenggara tentang ketentuan Kontes. Pihak industri diharapkan dapat memperoleh informasi tentang kemampuan perguruan tinggi dalam mengembangkan teknologi robot.

KONTES ROBOT INDONESIA DIGELAR BULAN MEI 2008
Sedikitnya 107 universitas negeri maupun swasta di Indonesia telah mengajukan proposal untuk mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) yang digelar Mei-Juni 2008.
“Seleksi proposal akan ditentukan setelah 107 universitas dan 10 perusahaan IT mengirimkan laporan kemajuan robot rancangannya pada 14 April,” kata juri KRI-KRCI 2008, Gigih Prabowo.
Salah seorang juri yang juga dosen Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) ITS itu mengemukakan, panitia tidak akan melakukan visitasi (kunjungan) seperti tahun-tahun sebelumnya, tapi dengan laporan kemajuan secara video.
“Dengan cara begitu, kami berharap akan lebih banyak proposal yang lolos, sehingga persaingan semakin sengit. Apalagi kontes juga tidak terpusat di satu tempat, tapi dibagi dalam empat regional,” katanya menjelaskan.
KRI di regional I (Riau) akan diikuti 16 tim dari Sumatera, Batam, dan Bangka, sedangkan KRI di regional II (Jakarta) diikuti 16 tim dari Jakarta dan Jawa Barat.
Setelah itu, KRI di regional III (Jateng) diikuti 14 tim dari Jateng, Yogyakarta, dan Kalimantan, sedangkan KRI di regional IV (Surabaya) diikuti 22 tim dari Jatim, Sulawesi, dan NTT.
Untuk KRCI, di regional I diikuti 34 tim, di regional II ada 62 tim, di regional III ada 39 tim, dan di regional IV ada 53 tim. “Jadi, ada 256 tim yang menjadi peserta, baik KRI maupun KRCI,” katanya.
Menurut dia, KRI-KRCI di tingkat regional akan dilaksanakan pada 10 Mei untuk regional III (Jateng), kemudian pada 17 Mei untuk regional I (Riau) dan IV (Surabaya), sedangkan regional III pada 24 Mei.
“Untuk final KRI-KRCI se-Indonesia akan digelar di Jakarta pada 14 Juni dengan peserta ada 24 tim untuk KRI dan 48 tim untuk KRCI. KRCI sendiri dibagi empat kategori yakni divisi senior beroda, senior berkaki, expert single, dan expert swarm,” katanya.
Ia menambahkan, KRI 2008 berbeda dengan tahun sebelumnya, karena setiap universitas hanya diperbolehkan mengirimkan satu tim, sehingga KRI juga lebih kompetitif, karena setiap universitas hanya mengirimkan robot unggulan.



E. ROBOT TERKEMUKA DI DUNIA
1. ASIMO (ADVANCED STEP IN INNOVATIVE MOBILITY)
Robot berbentuk manusia buatan Honda yang emiliki keseimbangan yang sangat baik, sehingga mampu melakukan banyak aktifitas seperti membawa barang, menaiki tangga, memanjat tebing selain berjalan dan berlari.
dicipta oleh honda’s research & development wako fundamental technical research center di jepun
tinggi 130 cm,berat 54kg
harga mencecah rm4 juta
memiliki perasaan sayang,sedih,gembira seperti manusia
kelajuan berjalan 2.7km sejam
kelajuan berjalan ketika membawa barangan 1.6km sejam
kelajuan berlari 6km sejam
mampu menghantar makanan menggunakan troli
mampu melakukan kerja penyambut tetamu dan penunjuk arah

REPLIEE Q1expo
Pengesan dalaman membolehkan berinteraksi secara semula jadi dengan bantuan penggerak udara yang diletakkan di 42 bagian gerakan diatas badan .Pergerakan menggunakan kuasa tekanan udara luaran

QRIO (QUEST FOR CURIOSITY)
Di cipta oleh Sony Inteligence Dynamics Laboratory.Inc
Mampu bercakap dan mengenali serta mengingati wajah manusia serta kegemaran dan kebencian mereka
Mampu berlari pada kelajuan 23sm/sesaat
Disenaraikan dalam world of Records sebagai robot pertama boleh berlari paling pantas

AIBO (ARTIFICIAL INTELLIGENT ROBOT)
Robot berbentuk anjing buatan Sony, Jepang, yang dapat berprilaku dan berinteraksi seperti layaknya seekor anjing hidup. Dipasarkan pertama kali via internet dan terjual 3000 unit dalam 20 menit di Jepang.

Dicipta Oleh Sony Intelligent dynamics Laboratory.Inc
Robot yang mengantikan haiwan peliharaan
Boleh berjalan dan melihat persekitaran melalui kamera dan mampu mengenal pasti suara yang biasa didengar
Ditakrifkan sebagai Robot autonomi berdasarkan kemampuannya belajar dan matang berpandukan rangsangan luaran daripada pemilik robot atau persekitaran



BAB III
GAMBAR

KAREL CAPEK (1890 - 1938) ISAAC ASIMOV(1920 – 1992)
Karya Isaac Asimov yang sudah difilmkan

ASIMO REPLIEE Q1expo

AIBO QRIO
(ARTIFICIAL INTELLIGENT ROBOT) (QUEST FOR CURIOSITY)

BAB IV
KESIMPULAN DAN PENUTUP

A. KESIMPULAN
Dengan pembuatan ini kami :
1. Dapat mengetahui sejarahdan definisi tentang robot.
2. Dapat mengetahui kegunaan robot.
3. Dapat mengetahui perkembangan robot.
4. Dapat mengetahui robot yang terkemuka didunia.

B. PENUTUP
Segala puji dan syukur kami panjatkan pada Allah swt. Atas berkat dan rahmatNya selama kami menyelesaikan tugas kami ini dalam keaadan baik tanpa kekurangan satu apapun.
Melihat perkembangan teknologi yang semakin pesat dan seiring dengan era globalisasi yang melanda seluruh belahan dunia, maka sangat tepat bila kita berusaha lebih mengenal, mendalami dan terutama memanfaatkannya sehinga kemajuan teknologi tersebut dapat menunjang segala aspek dan kebudayan bangsa kita menjadi lebih baik dan positif.
Bersama dengan ini kita juga mengemban satu tugas untuk berusaha memajukan bangsa ini. Maka dalam kesempatan ini kami memberikan satu sarana, sumbangsih atau pandangan positif tentang salah satu teknologi yaitu tentang robot khususnya pada masyarakat.
Pada akhir kata ini kami ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh rekan-rekan serta Bapak dosen yang telah memberikan ilmunya kepada kami.

0 komentar:

Posting Komentar

__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
| Beranda | Tentang Saya | Tukar Link | Download Gratis | Map Site | Gallery | My Contact |
© 2008-2011 [sektorplong.blogspot.com]
Seluruh artikel ini dapat anda perbanyak, cetak, modifikasi dan distribusikan secara bebas, asal tetap mencantumkan URL lengkap artikel.